Bandung, p2mpp.polban.ac.id – Pada hari Kamis dan Jumat, 2 dan 3 Mei 2024 telah dilaksanakan kegiatan visitasi asesmen lapangan reakreditasi LAMEMBA bagi Program Studi Magister Terapan Keuangan dan Perbankan Syariah, Jurusan Akuntansi, Politeknik Negeri Bandung (Polban). LAMEMBA adalah Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi yang bertugas untuk melakukan proses Akreditasi untuk Program Studi di Bidang Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi.

Adapun tujuan akreditasi tersebut adalah melakukan evaluasi dan menilai secara komprehensif atas komitmen perguruan tinggi terhadap mutu dan kapasitas penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi untuk menentukan kelayakan program studi dan unit pengelola program studi bagi Program Studi Magister Terapan Keuangan dan Perbankan Syariah, Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Bandung. Asesmen kecukupan dan asesmen lapangan telah dilakukan oleh tim asesor yang terdiri atas pakar yang memahami hakikat pengelolaan perguruan tinggi. Tim asesor yang ditunjuk oleh LAMEMBA untuk asesmen Program Studi Magister Terapan Keuangan dan Perbankan Syariah, Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Bandung yaitu Ibu Prof. Dr. Nur Fadjrih Asyik, S.E., M.Si., Ak., CA. dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya, dan Bapak Dr. Nurul Fauzi, S.E., M.M., Ak., CA. dari Politeknik Negeri Padang.

Acara visitasi asesmen lapangan reakreditasi LAMEMBA untuk Program Studi Magister Terapan Keuangan dan Perbankan Syariah, Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Bandung pada hari pertama Kamis, 2 Mei 2024 dihadiri oleh tim dari Manajemen Politeknik Negeri Bandung, Pejabat Struktural, Manajemen Jurusan Akuntansi dan Manajemen Program Studi Magister Terapan Keuangan dan Perbankan Syariah. Sambutan pertama disampaikan oleh Direktur Politeknik Negeri Bandung Bapak Marwansyah, S.E., M.Si., Ph.D., dilanjutkan sambutan dari Wakil Direktur Bidang Akademik Bapak Iwan Ridwan, S.T., M.T., Ph.D.

Kegiatan visitasi asesmen lapangan reakreditasi LAMEMBA dilakukan dengan memverifikasi bukti-bukti pendukung tambahan yang diperlukan untuk melengkapi dalam dokumen akreditasi (Dokumen Evaluasi Diri dan Dokumen Kinerja Program Studi).

Penjelasan tambahan dipaparkan oleh Ketua Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Bandung Bapak Dr. Iwan Setiawan, S.E., M.E., dengan didukung oleh Tim Akreditasi Program Studi yaitu Bapak Dr. Mochamad Edman Syarief, S.T., M.M., selaku Koordinator Program Studi Magister Terapan Keuangan dan Perbankan Syariah dan Tim dari Pusat Penjaminan Mutu Pendidikan dan Pengembangan Pembelajaran (P2MPP) yaitu Ibu Dr. Ira Novianty, S.E., M.Si., Ak., CA. selaku Kepala P2MPP. Kegiatan asesmen lapangan hari pertama diakhiri dengan sesi wawancara dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa.

Pada hari kedua Jumat, 3 Mei 2024 dilakukan peninjauan lapangan untuk melihat kondisi nyata sarana dan prasarana yang telah disediakan Politeknik Negeri Bandung. Hal tersebut dilakukan dalam rangka memastikan kebenaran dan kesesuaian informasi yang disampaikan oleh Program Studi Magister Terapan Keuangan dan Perbankan Syariah, Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Bandung kepada LAMEMBA dalam dokumen akreditasi.

Tim asesor LAMEMBA menyampaikan kepada Program Studi Magister Terapan Keuangan dan Perbankan Syariah, Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Bandung harapannya agar berbagai kegiatan tridarma perguruan tinggi berskala internasional dapat ditingkatkan dan terjaga keberlanjutannya. visitasi asesmen lapangan ditutup dengan pembacaan rekomendasi dan penandatangan berita acara asesmen lapangan.

Acara ditutup dengan kata penutup dari Bapak Marwansyah, S.E., M.Si., Ph.D., selaku Direktur Politeknik Negeri Bandung.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *