Bandung, p2mpp.polban.ac.id – Pada hari Rabu dan Kamis, 21 dan 22 Agustus 2024 telah dilaksanakan kegiatan visitasi asesmen lapangan reakreditasi LAMEMBA bagi Program Studi Diploma Tiga (D3) Manajeman Pemasaran, Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Bandung (Polban). LAMEMBA adalah Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi yang bertugas untuk melakukan proses Akreditasi untuk Program Studi di Bidang Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi.

Adapun tujuan akreditasi tersebut adalah melakukan evaluasi dan menilai secara komprehensif atas komitmen perguruan tinggi terhadap mutu dan kapasitas penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi untuk menentukan kelayakan program studi dan unit pengelola program studi bagi Program Studi D3 Manajeman Pemasaran, Jurusan Administrasi Niaga, Polban.

Asesmen kecukupan dan asesmen lapangan telah dilakukan oleh tim asesor yang terdiri atas pakar yang memahami hakikat pengelolaan perguruan tinggi. Tim asesor yang ditunjuk oleh LAMEMBA untuk asesmen Program Studi D3 Manajeman Pemasaran, Jurusan Administrasi Niaga, Polban yaitu Ibu Dr. Evada Dewata, S.E., M.Si., Ak., CA., CMA., CRP. dari Politeknik Negeri Sriwijaya, dan Ibu Dr. Arlyana Abubakar, M.B.A. dari Bank Indonesia.

Acara visitasi asesmen lapangan reakreditasi LAMEMBA pada hari pertama Rabu, 21 Agustus 2024 dihadiri oleh tim dari Manajemen Polban, Pejabat Struktural, Manajemen Jurusan, dan Manajemen Program Studi. Sambutan pertama disampaikan oleh Direktur Politeknik Negeri Bandung Bapak Marwansyah, S.E., M.Si., Ph.D., dilanjutkan sambutan dari Wakil Direktur Bidang Akademik Bapak Iwan Ridwan, S.T., M.T., Ph.D.

Kegiatan visitasi asesmen lapangan reakreditasi LAMEMBA dilakukan dengan memverifikasi bukti-bukti pendukung tambahan yang diperlukan untuk melengkapi dalam dokumen akreditasi (Dokumen Evaluasi Diri dan Dokumen Kinerja Program Studi).

Penjelasan tambahan dipaparkan oleh Ketua Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Bandung Bapak Rivan Sutrisno, S.E., M.A., Ph.D. dengan didukung oleh Tim Akreditasi Program Studi yaitu Bapak Wahyu Rafdinal, S.E., M.M. selaku Koordinator Program Studi D3 Manajeman Pemasaran dan Tim dari Pusat Penjaminan Mutu Pendidikan dan Pengembangan Pembelajaran (P2MPP) yang diwakili oleh Ibu Keryanti, S.T., M.T. selaku Koordinator Bidang SPMI dan Bapak Joe Lian Min, M.Eng. selaku Koordinator Bidang SPME P2MPP. Kegiatan asesmen lapangan hari pertama diakhiri dengan sesi wawancara dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa.

Pada hari kedua Kamis, 22 Agustus 2024 dilakukan peninjauan lapangan untuk melihat kondisi nyata sarana dan prasarana yang telah disediakan Polban. Hal tersebut dilakukan dalam rangka memastikan kebenaran dan kesesuaian informasi yang disampaikan oleh Program Studi D3 Manajeman Pemasaran, Jurusan Administrasi Niaga, Polban kepada LAMEMBA dalam dokumen akreditasi.

Tim asesor LAMEMBA menyampaikan kepada Program Studi D3 Manajeman Pemasaran, Jurusan Administrasi Niaga, Polban harapannya agar berbagai kegiatan tridarma perguruan tinggi berskala internasional dapat ditingkatkan dan terjaga keberlanjutannya.

Visitasi asesmen lapangan ditutup dengan pembacaan rekomendasi dan penandatangan berita acara asesmen lapangan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *